KaltimKutim

Nelayan Kutim Butuh Kapal Tangkap yang Lebih Representatif

33views

Nelayan Kutai Timur mengalami keterbatasan fasilitas untuk meningkatkan hasil tangkapan.

Anggota DPRD Kutai Timur dari dapil IV Sangsaka , Agusriansyah Ridwan, mengatakan, fasilitas dan peralatan alat tangkap nelayan Kutai Timur tergolong minim, sehingga tidak cukup memadai untuk memperoleh hasil laut yang maksimal.

“Salah satu kendalanya adalah kapal penangkap ikan. Kapal yang dimiliki nelayan Kutai Timur sebagian besar masih belum memadai. Karena itu, nelayan Kutai Timur butuh kapal penangkap ikan yang lebih besar,” ujar Agusriansyah, Jum’at, 5 Februari 2020 , saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, nelayan Kutim perlu kapal penangkap ikan minimal 20 Grass Ton (GT) agar bisa maksimal melakukan penangkapan. Selain daya muat yang lebih besar, kapal nelayan Kutim harus dilengkapi peralatan navigasi dan peralatan pencari ikan yang modern.

“Nelayan kita membutuhkan alat tangkap yang standar. Kalau bisa pemerintah memfasilitasi dengan membuatkan kapal tangkap yang lebih besar dan dilengkapi peralatan yang canggih seperti memiliki GPS, sehingga bisa mencari ikan lebih jauh dan menampung ikan 20-25 ton,” ujar politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Nelayan tangkap di Kutai Timur selama ini belum mendapat perhatian serius. Karena itu, kondisi ekonomi nelayan masih berada di bawah kategori masyarakat menengah. Bahkan, masih banyak nelayan yang masuk terjerembab dalam jurang kemiskinan.

Padahal kata Agusriansyah, nelayan merupakan salah satu pahlawan pangan yang berjuang di tengah ganasnya ombak untuk memenuhi asupan gizi masyarakat.

Karena itu, dengan kapal penangkap ikan berkapasitas diatas 20 ton, nelayan Kutai Timur akan memastikan ketersediaan pangan ikan untuk masyarakat Kutai Timur.

“Keberadaan kapal penangkap ikan yang canggih dengan daya muat yang lebih besar, tidak hanya membuat nelayan sejahtera, tetapi membuat masyarakat Kutai Timur tidak akan mengalami kesulitan untuk mengkonsumsi ikan segar,” kata Agusriansyah. 

Leave a Response