Atasi Banjir, Kecamatan Bontang Barat Fokus Bersih Sampah dan Pembenahan Drainase 

Camat Bontang Barat, Anwar Sadat

Wajahindonesia.id – Upaya penanggulangan banjir terus dilakukan Pemerintah Kota Bontang, tak terkecuali di tingkat Kecamatan. Khususnya Kecamatan Bontang Barat.

Hal ini di ungkapkan Camat Bontang Barat, Anwar Sadat. Menurutnya, masalah banjir masih menjadi momok bagi warga di Kota Bontang. Maka upaya penyelesaian banjir harus menjadi prioritas. Terkhusus di wilayahnya merupakan daerah langganan banjir. Seperti di Kelurahan Gunung Telihan dan Kanaan.

“Tentu ini harus jadi perhatian apalagi di Bontang inikan langganan banjir,” ujarnya kepada media via telepon, Minggu (28/11/2021).

Anwar mengungkapkan, Selain mendukung program Pemerintah Kota dalam mengatasi banjir. Upaya lain yang dilakukan pihaknya melalui kordinasi di tingkat kelurahan adalah dengan fokus pada pembersihan sampah.

Ia mengajak seluruh masyarakat agar mengelola sampah mereka dari rumah. Seperti memisahkan sampah organik dan anorganik. Dan menghimbau warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi ke sungai menjadi penyebab banjir.

“Sampah organik bisa dimanfaatkan jadi pupuk sama warga, kalau anorganik bisa dikumpulkan di tempat lain dan dibuang di tempat yang sudah di sediakan. Nanti petugas kebersihan yang ambil. Jadi tidak dibuang sembarangan,” bebernya.

Selain itu, melalui program stimulan RT, pembenahan drainase yang rusak juga telah dilakukan untuk mengatasi banjir.

“Itu sudah kita kerjakan pembenahan parit-parit yang rusak dari program stimulan RT untuk antisipasi banjir,” terangnya.

Sedangkan untuk wilayah Gunung Telihan, pihaknya juga telah melakukan kordinasi bersama PT Indominco Mandiri untuk pembenahan sungai di sekitar RT 19 dan 20 agar air tidak masuk ke pemukiman warga.

“IAtu ada yang bolong jadi kalau air naik sedikit banjir masuk ke pemukiman. Kami sudah bersurat dan disetujui, nanti alat beratnya turun tinggal menunggu jadwal saja pembenahan tanggulnya,” timpalnya.

Tim siap siaga banjir juga telah disiapkan untuk jika sewaktu-waktu banjir tiba. Mereka bertugas memonitor dan menghimbau warga waspada banjir.

“Kami memang bersama temen-temen di kelurahan baik Telihan dan Kanaan selalu siap siaga antisipasi banjir, memonitor banjir, dan menghimbau masyarakat agar waspada banjir,” terangnya kembali.

 

 

Ia pun berharap melalui program dan kegiatan tersebut persoalan banjir di Kota Bontang, khususnya di Kecamatan Bontang Barat dapat terselesaikan.

 

 

“Tentu ini harus ada peran aktif semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Harapannya semoga persoalan banjir ini dapat di atas bersama-sama,” tandasnya (ADV/Ys)

Leave a Reply