Belimbing Juara 1 Kelurahan Sehat Se-Bontang

Wajahindonesia.id – Awal November ini Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, meraih peringkat satu sebagai kelurahan sehat se-Kota Bontang. Predikat ini diraih atas keberhasilan dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Alhamdulillah, ini berkat partisipasi sema pihak,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kelurahan Belimbing, Rabu (17/11/2021).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh pemerintah melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Bontang, setelah penilaian hasil verifikasi lapangan yang dilakukan selama 2 minggu lamanya.

“Jadi ini program diselenggarakan setiap dua tahu sekali di 2020- 2021 baru penilaian,” timpalnya.

Adapun indikator kota sehat dijelaskan Dwi, ada 8 tatanan yaitu, masalah stunting, Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Sanitasi, Penanganan Covid-19, masalah sosial narkoba, pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, Garda Isoman (Covid-19), pelayanan masyarakat ditengah pandemi Covid.

Dwi berharap, prestasi ini dapat terus ditingkatkan dengan dukungan dan partisipasi dari masyarakat secara keseluruhan, yang didukung dengan terwujudnya perilaku masyarakat dalam mendorong tercapainya apa yang menjadi tujuan dari kota sehat.

“Ya harapan kita semoga, prestasi ini dapat kita pertahankan, tentunya tidak lepas dari peran aktif masyarakat di Kelurahan Belimbing,” tandasnya.

Leave a Reply