Capaian Vaksinasi di Gunung Telihan Tembus 60 Persen

Wajahindonesia.id – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Gunung Telihan, Kecamatan Bontang Barat telah mencapai 60 persen.

Lurah Gunung Telihan, Kecamatan Bontang Barat, Rosman mengatakan, Upaya percepatan vaksinasi terus digencarkan dengan menyisir warga yang belum mengikuti vaksinasi guna membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

Selain menggelar vaksinasi door to door, pihaknya juga menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak puskesmas dalam memberi info dan pelayanan bagi warga yang ingin mendaftar vaksin.

“Kemarin kita adakan door to door, kita juga ada group tingkat RT menginfokan ke warga yang ingin mendaftar, nanti dibuatkan jadwalnya sama Dinkes,” ujarnya via telepon kepada media, Senin (22/11/2021).

Menurut Rosman, upaya ini dilakukan agar masyarakat dapat terus update terkait vaksinasi dan tidak ketinggalan info. Meski menurutnya, masih banyak warganya yang belum disuntik vaksin, lantaran terkendala sejumlah faktor. Diantaranya, memiliki riwayat komorbid atau penyakit menahun akut yang tidak direkomendasikan mengikuti vaksinasi. Dan beberapa warga juga sudah tidak lagi berdomisili di Kelurahan Gunung Telihan.

“Tapi kita tetap infokan ke warga melalui group RT, Jadi warga nggak ketinggalan info, kalau ada jadwal vaksinasi” timpalnya.

Ia berharap, melalui upaya ini seluruh warganya dapat tervaksin dan meminimalisir persebaran Covid-19. Sementara, untuk target kapan rampung, Rosman menyebut, menyesuaikan arahan pemerintah dan ketersediaan vaksin di Dinkes.

“Kita ngikut arahan pemerintah, kalau cepat ya makin bagus,” tandasnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bontang, Senin (19/11) total capaian vaksinasi sebanyak 134.666 orang atau sekitar 74 persen, dengan sasaran vaksin SDM kesehatan, pelayanan publik, Lansia, masyarakat umum dan rentan, serta remaja. Adapun target capaian vaksinsi di Kota bontang sebanyak 95 persen.

Leave a Reply