Dinilai Efektif, Program Tahapan Bakal Diterapkan di Kelurahan

Camat Bontang Barat, Anwar Sadat saat mensosialisasikan program Tahapan di Kelurahan Gunung Telihan beberapa waktu lalu

Wajahindonesia.id – Program Tiada Hari Tanpa Layanan (Tahapan) yang diluncurkan Kecamatan Bontang Barat sejak 30 Oktober 2021 lalu, sudah sebulan berjalan.

Program Tahapan ini dinilai Camat Bontang Barat, Anwar Sadat, efektif meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Mereka bisa menikmati layanan walaupun di akhir pekan.

Pelayanan Tahapan ini dibuka setiap hari, terhitung Senin hingga Minggu. Namun, untuk jam operasional Sabtu – Minggu dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00 Wita siang. Memberi pelayanan seperti, pengurusan Kartu Keluarga, surat pengantar pengurusan E-KTP, pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) dan sebagainya.

“Jadi kami tetap ada pelayanan dari jam 8-12 siang. memberikan kemudahan pada masyarakat yang tidak bisa mengurus administrasi di hari kerja,” ujarnya via telepon, Minggu (28/11/2021).

Program yang berjalan di tingkat kecamatan ini pun akan dievaluasi pada Januari 2022 mendatang. Dan rencananya, ke depan kebijakan ini juga akan berlaku untuk layanan di tingkat kelurahan.

“Kita evaluasi dulu setalah 3 bulan berjalan nanti. Kalau memang memungkinkan dan efektif diterapkan di kelurahan akan kita terapkan,” timpalnya.

Anwar pun berharap terobosan ini dapat menjadi contoh bagi instansi dan kecamatan lain dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ya semoga terobosan ini bisa jadi contoh dan diterapkan bagi kecamatan lain dan instansi yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat,” tandasnya. (ADV/Ys)

Leave a Reply