Jadi Lurah Kanaan, Andrie Fokus Program Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Banjir

Kantor Kelurahan Kanaan

Wajahindonesia.id – Andrie Lesmana Saturninus resmi menjabat sebagai Lurah Kanaan, Kecamatan Barat menggantikan lurah sebelumnya Deddy S Marpaung, setelah resmi dilantik Wali Kota Bontang pada tanggal 28 Oktober 2021 lalu bersama 14 Lurah baru lainnya.

Andrie mengaku akan mulai menjalankan tugasnya dan melanjutkan kembali program pejabat sebelumnya yang belum selesai sesuai kebutuhan masyarakat.

Selain itu, Ia mengungkapkan akan fokus pada program pemberdayaan masyarakat. Contohnya peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah bagi warganya.

“Saya nggak muluk-muluk, prioritas saya lebih ke padat karya gimana usaha masyarakat yang ada di Kanaan ini lebih berkembang. Contohnya UMKM ini dibuatkan semacam market place melalui media online sehingga penjualannya lebih luas dan dikenal banyak orang,” ujarnya saat ditemui media, di Kantor Kelurahan Kanaan, Kecamatan Bontang Barat, Jumat (19/11/2021).

Menurutnya, pemberdayaan padat karya ini lebih diperlukan bagi masyarakat, apalagi situasi pandemi Covid-19 di Bontang yang masih fluktuatif. Maka pemulihan ekonomi menjadi fokus utama tujuannya.

“Inikan pandemi banyak warga yang tidak bekerja, harapannya dengan pengembangan padat karya ini bisa lebih membantu warga,” timpalnya.

Selain itu, program prioritas lain yang bakal Andrie jalankan adalah terkait penanggulangan banjir. Pasalnya, setiap hujan deras di Kota Taman sebagian rumah warganya selalu menjadi langganan banjir. Program ini pun selaras dengan program utama Pemerintah Kota Bontang dalam penanggulangan banjir.

Contoh program penanggulangan banjir yang bakal dilakukan diantaranya, pembuatan kanal terusan dari RT 1,2,3,4,5,12 dan 8, normalisasi sungai sepanjang dari RT 6,7,8,9 dan 11, pembangunan drainase dari RT 5 dan 12, serta pembuatan badan jalan dan drainase Jalan Pongtiku RT 02.

Seluruh program, baik program dari pusat, provisi dan kota itu nantinya akan dijalankan Andrie seirama sesuai kebutuhan masyarakat.

“Jadi intinya dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat,” tandasnya.

Leave a Reply