Kelurahan Belimbing Komitmen Pertahankan Status Zona Hijau

Lurah Belimbing Dwi Andriyani

Wajahindonesia.id – Status Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat saat ini berubah status menjadi zona hijau.

Padahal sebelumnya, Wilayah Belimbing masih berstatus zona kuning. Kini perlahan kembali pulih bebas persebaran Covid-19.

Berdasarkan Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang, Selasa (16/11/2021), jumlah kasus positif Covid-19 di Kelurahan Belimbing sebanyak 1.564 orang, sembuh 1.530 orang, kasus aktif Nol, dan meninggal dunia 54 orang.

Meski demikian, Lurah Belimbing Dwi Andriyani meminta masyarakat tetap waspada dan terus mematuhi protokol kesehatan dan tidak bereuforia sampai kondisi benar-benar membaik.

“Meski sekarang kondisinya sudah hijau. Masyarakat harus tetap mematuhi Prokes sesuai surat edaran dengan kondisi wilayah masing-masing,” ujarnya kepada media via telepon, Selasa(16/11/2021).

Selain itu, guna mempertahankan wilayahnya tetap di zona hijau. Andriyani menyebut, akan tetap melakukan pengawasan. Seperti, patroli rutin bersama Forum Kemitraan Polri dan Masyarakat (FKMP) di Kelurahan Belimbing yang biasa dilakukan di Tugu Selamat Datang Kota Bontang, membagikan masker gratis, dan gencar sosialisasi kepada masyarakat untuk ikut program vaksinasi.

“Pengawasan tidak boleh lengah. Kita harus tetap hati-hati dan waspada,” timpalnya.

Tak hanya itu, pembatasan jumlah peserta dalam suatu kegiatan juga Ia lakukan. Seperti, zona hijau kapasitas peserta diperbolehkan hanya 50 persen.

“Contohnya kemarin kita pertemuan Rakor PKK. Kita batasi pesertanya yang seharusnya diikuti 51 RT, tapi hanya diikuti setengahnya sebanyak 26 RT dan lengkap dengan Prokes 5 M,” bebernya.

Sementara, di bagian pelayanan juga tetap mematuhi Prokes. Seperti, pemasangan kaca di ruang Layanan sebagai jarak antara pegawai dan warga yang hendak mengurus administrasi, agar tetap nyaman terhindar dari persebaran Covid. Bangku duduk pun juga diatur jaraknya.

“Ya harapan kita, upaya ini dapat terus menjadi solusi agar wilayah kita tetap hijau. Dan yang terpenting semoga Covid segera berakhir,” tandasnya.

Leave a Reply