Melalui Program Kotaku, Kelurahan Belimbing Berdayakan Warga Terdampak Pandemi

WajahIndonesia.Id—Kelurahan Belimbing, Bontang Barat memberdayakan sedikitnya 150an warga yang terdampak pandemi melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Pembedayaan tersebut, berupa membayar sejumlah uang bagi warga yang melakukan gotong royong dalam perawatan fasitas umum yang ada di Kelurahan Belimbing.

“Nama programnya ini, cash for work. Masih merupakan bagian dari Kotaku,” ujar Lurah Belimbing Dwi Andriyani, saat dikonfirmasi via telepon, Senin (29/11/2021) siang.

Dikatakan Andriyani, program yang diluncurkan secara nasional tersebut cukup membantu warga yang terdampak pandemi. Sebab, meskipun pandemi sudah cenderung menurun, namun masih banyak warga yang merasakan dampaknya. Terutama bagi warga yang terkena PHK akibat pandemi.

“Tentu sangat membantu masyarakat, apalagi kan ini sifatnya gotong royong untuk memperbaiki fasilitas umum,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Kotaku Kelurahan Belimbing Sudiarto mengatakan, pendataan warga yang terlibat dalam program Cash For Work diserahkan ketua RT. Setiap warga yang ikut gotong royong tersebut dibayar sebesar Rp 100 ribu setiap harinya.

 

” Warga yang ikut gotong royong dibayar Rp 100 ribu,’ sebutnya

Lebih jauh dia mengatakan, warga tersebut melakukan gotong royong di RT 40, 43-49. Di kesembilan RT tersebut warga melakukan perbaikan jalan, normalisasi saluran air, serta perbaikan sarana umum lainnya.

‘Cukup banyak yang diperbaiki, mulai dari penambalan jalan hingga normalisasi parit,” pungkasnya

 

 

Leave a Reply