Potensi Penjualan Tinggi, Kelurahan Kanaan Dorong RPH Khusus B2

Kasi Ekonomi dan Pembangunan, Kelurahan Kanaan, Kecamatan Bontang Barat, Mustakim

BONTANG—– Kelurahaan Kanaan, Kecamatan Bontang Barat  dikenal sebagai daerah yang mayoritas penduduknya merupakan agama  Nasrani di Kota Bontang. Warga disana pun banyak yang memfaatkan demografi tersebut  untuk beternak  babi (B2). Namun, hingga saat ini belum ada rumah pemotongan hewan (RPH) khusus B2 di wilayah tersebut.

 

Menanggapi Hal tersebut, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Kanaan Mustakim mengatakan, pihaknya telah mengajukan RPH tersebut ke pemerintah  Kota. Hal tersebut lantaran RPH B2 dianggap dapat meningkatkan usaha para peternak.

‘Memang RPH sangat penting untuk menunjang ekonomi para peternak. Sebab bisa meningkatkan kualitas daging produksi mereka,” ujar

Dikatakan Mustakim, potensi  pemasaran B2 di Kanaan lumayan tinggi. Hal itu berdasarkan pengamatannya, di  dua titik  penjualan yang bisa menghabiskan lima hingga enam ekor B2 setiap harinya.

Namun, pemotongan hewan tersebut masih dilakukan secara tradisional yang dianggap dapat mengurangi  kualitas daging.

 

‘Potensi penjualan b2 di Kanaan cukup tinggi, makanya kami  dorong RPH itu,” ujarnya

Selain RPH, pihaknya juga mengusulkan agar  di Kanaan juga dibangun pusat peternakan B2. Hal itu agar, para peternak tersebut bisa lebih meningkatkan kualitas hewan, dengan pendampingan dari dinas terkait.

‘Pusat peternakan juga kami usulkan, agar para peternak ini bisa  lebih menjamin kualitas produknya,” pungkasnya

 

Leave a Reply