Rakerda SP Kep Kaltim Sukses Digelar, Hasilkan Keputusan Untuk Fokus Terhadap Penguatan dan Perlindungan Pekerja

WajahIndonesia.Id—-Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan, minyak gas bumi dan umum (SP Kep) Provinsi Kalimantan Timur menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) di Pendopo rumah jabatan Wali Kota Bontang, Minggu (12/12/2021) siang. Rakerda tersebut, merupakan yang kelima kalinya sejak SP KEP terbentuk di Kaltim pada tahun 2001 silam.

 

Ketua SP KEP Kaltim H Hamka menuturkan, dari hasil rakerda tersebut, para anggota di jajaran depan pimpinan cabang diminta untuk lebih memperhatikan penguatan dan perlindungan tenaga kerja. Hasil tersebut, berdasarkan usulan dari para pengurus DPC, yang prihatin terhadap masalah ketenagakerjaan. Terutama aksi pemutusan hubungan kerja (PHK) tanpa adanya pesangon dari perusahaan.

“Di kepengurusan ini, DPD SP Kep lebih fokus ke perlindungan dan penguatan tenaga kerja. Apalagi selama masa pandemi ini, masalah tenaga kerja yang terimbas akibat adanya PHK dari perusahaan,” ujar H Hamka saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (14/12/2021) malam.

 

Disinggung mengenai Upah Minimum Provinsi atau UMP Kaltim tahun depan senilai Rp3,01 juta, H Hamka mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan dari pihak DPP SP Kep. Dia mengatakan, hingga saat ini para pengurus pusat masih berjuang agar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan bisa dicabut atau bahkan melakukan gugatan terhadap UU Cipta Kerja yang menjadi landasan adanya PP tersebut.

“Kemarin teman-teman juga banyak yang menyoroti soal besaran UMP di Kaltim. Tapi untuk melakukan gerakan, kami masih menunggu keputusan dari pengurus pusat,” ujarnya

Terakhir, dia mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang atas dukungan yang diberikan terhadap pelaksanaan Rakerda tersebut. Serta, mengucapkan terima kasih kepada DPC SP Kep Bontang sebagai tuan rumah yang dianggap sukses dalam menggelar Rakerda.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kota Bontang atas dukungan yang diberikan. Tentu hal itu dianggap sebagai bentuk perhatian atas kesejahteraan para pekerja. Tak lupa saya sebagai Ketua DPD SkepĀ  Kaltim mengucapkan terima kasih kepada DPC Bontang, karena atas kerja keras mereka, Rakerda ini sukses dilaksanakan,” pungkasnya

 

Penulis: Ms

Leave a Reply