Sepekan Terakhir, 406 Warga di Kelurahan Kanaan Terdampak Banjir

Kasi Pemerintahan dan Trantib Kelurahan Kanaan, Nelly Sampe

Wajahindonesia.Id—Hujan deras yang melanda Kota Bontang sejak sepekan terakhir membuat 406 jiwa di Kelurahan Kanaan terdampak banjir. Sebaran titik banjir tersebut, terbagi ke dalam tujuh RT. Yakni RT 1,2, 5,8, 9 ,11 dan 12.

Berdasarkan catatan pihak Kelurahan Kanaan, dampak banjir paling parah yang dirasakan yakni di RT 5, 8 dan 12. Hal itu Lantaran daerah tersebut merupakan kawasan rawa, yang membuat genangan air setinggi 50 CM bertahan hingga dua hari. Yakni, tanggal 8-9 November lalu. Selanjutnya pada Sabtu (13/11/), hujan deras kembali menyebabkan banjir di RT 1, 2 dan 5.

 

Kasi Pemerintahan dan Trantib Kelurahan Kanaan, Nelly Sampe mengatakan banjir kali ini merupakan yang pertama kalinya dalam kurung dua tahun terakhir. Pun penyebab banjir disinyalir merupakan kiriman dari daerah hulu atau daerah tambang.

“Sejak banjir parah di tahun 2019, baru kali ini Kanaan kembali banjir. Kami duga penyebabnya merupakan banjir kiriman dari hulu,” ujar Nelly saat saat ditemui di kantornya, Selasa (16/11/2021) siang.

Selain itu, banjir yang terjadi di RT 1 diketahui disebabkan oleh sistem drainase yang tertimbun pasir. Hal itu membuat drainase tersebut tidak bisa mengalirkan air dengan maksimal hingga membuat genangan air di rumah warga. Pun berdasarkan pemantauan pihak, Kelurahan banjir di kawasan tersebut mencapai 30 CM.

“Kalau di RT 1 itu memang drainase yang tertimbun pasir,” ujarnya

Terakhir diapun menghimbau warga untuk selalu waspada dengan banjir yang bisa terjadi di kemudian hari. Sebab hingga saat ini, intensitas hujan di wilayah Bontang masih tetap tinggi.

“Musim hujan belum berakhir, jadi tetap waspada,” pungkasnya

Leave a Reply