Solusi Atasi Banjir, Kelurahan Kanaan Usulkan Pembangunan Kanal

Kasi Pemerintahan dan Trantib Kelurahan Kanaan, Nelly Sampe

WajahIndonesia.Id—Kelurahan Kanaan, Bontang Barat menjadi salah satu wilayah yang jadi langganan banjir di Kota Taman. Sedikitnya, sembilan RT yang ada di Kelurahan tersebut menjadi daerah rawan banjir ketika musim hujan tiba.

Menanggapi hal tersebut, Kasi Pemerintahan dan Trantib Kelurahan Kanaan, Nelly Sampe mengatakan selama kurung waktu tiga tahun terakhir, di setiap Musrembang tingkat Kelurahan warga selalu mengusulkan untuk pembangunan kanal air. Kanal tersebut dikatakan akan menyambungkan saluran air dari RT 1, 2, 4, 5 dan 8 yang akan menuju waduk Kanaan.

Usulan tersebut pun dikatakan, selalu lolos di tingkat Kelurahan maupun Kecamatan Bontang Barat dan dijadikan sebagai prioritas pembangunan. Namun, pembuatan kanal tersebut, selalu gagal di Musrembang tingkat Kota.

“Setiap kali Musrembang tingkat Kota, selalu gagal. Mungkin ada usulan pembangunan yang lebih prioritas,” ujar Nelly, saat ditemui di kantornya, Selasa (16/11/2021) siang.

Dikatakan, Nelly jika akhirnya usulan tersebut disepakati, banjir di Kelurahan Kanaan di prediksi bisa lebih diatasi. Sebab, menurut pemantauannya banjir di Kanaan, disebabkan aliran air yang tidak lancar di pemukiman warga. Terlebih, banjir yang terjadi di Kelurahan Kanaan merupakan banjir kiriman yang datang dari hulu.

‘Kalau air langsung dialirkan ke waduk, kan banjir tidak terjadi. Makanya kami pikir, kanal ini merupakan solusi efektif untuk atasi banjir ,” pungkasnya

Leave a Reply