Stop BABS, Kelurahan Belimbing Dukung Bontang Pertahankan Predikat Wistara Emas

Ilustrasi (Google Image)

Wajahindonesia.id – Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Utara menjadi salah satu kelurahan yang telah melakukan deklarasi open defecation free (ODF) sejak 2016 lalu. Istilah bagi setiap individu dalam suatu wilayah yang tidak lagi Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Deklarasi stop BABS juga diikuti 6 kelurahan lainnya. Meliputi, Kelurahan Gunung Telihan, Kanaan, Api-Api, Bontang Baru, Satimpo, dan Berebas Tengah.

Dua kelurahan yang sudah deklarasi ODF, tetapi masih terdapat BABS yaitu Kelurahan Guntung dan Kelurahan Tanjung Laut.

Lurah Belimbing, Dwi Andriyani mengatakan, deklarasi tersebut merupakan upaya dalam mendukung Kota Bontang sebagai Kota Sehat.

Kota Bontang telah memperoleh penghargaan tertinggi Kota Sehat Wistara emas secara berturut-turut sejak 2011-2019. Maka, untuk mempertahankan predikat itu perlu peran aktif dari seluruh pihak stop BABS, termasuk di tingkat kelurahan.

“Jadi ini tanggungjawab dan PR kita bersama, agar tidak ada lagi BABS di Bontang,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kelurahan Belimbing, Bontang Barat, Kamis (18/11/2021).

Dwi menjelaskan, meski wilayahnya telah bebas dari BABS. Namun, perlu upaya partisipatif berupa sosialisasi dan edukasi ke masyarakat perlu di tingkatkan. Khusunya, di wilayah pesisir masih sering BAB di laut.

“Misalkan BAB di laut itu ternyata menimbulkan banyak penyakit. Jadi tidak hanya sarana dan prasarana tapi perlu edukasi juga,” timpalnya.

Senada, Pimpinan Rakor Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Zulkifli mengatakan, hasil assesment indikator tatanan kota sehat 2021 masih terdapat beberapa nilai yang belum maksimal. Sehingga, perlu menjadi prioritas.

Mengingat, penilaian kota sehat akan kembali dilakukan tahun ini. Sehingga setiap kota yang telah memperoleh penghargaan wistara sebanyak 5 kali dan seterusnya wajib memiliki 100 persen kelurahan yang telah stop BAB sembarangan atau ODF.

Sementara di Bontang masih ada 6 kelurahan yang masih belum ODF atau masih BABS yakni Kelurahan Berbas Pantai, Bontang Kuala, Bontang Lestari, Tanjung Laut Indah, Loktuan, dan Gunung Elai.

“Masih ada 6 kelurahan belum bebas BABS. Diharapkan Camat dan Lurah senantiasa memberikan pembinaan dan perhatian kepada Forum Kecamatan Sehat, dan Pokja Sehat di wilayah masing-masing,” tandasnya.

Leave a Reply